Kamis, 09 Agustus 2012

BAB III ANALISA SISTEM



Analisis sistem merupakan tahap yang bertujuan untuk memahami sistem, mengetahui kekurangan sistem, dan menentukan kebutuhan sistem pelaksanaan ujian pada AMIK Wahana Mandiri. Dengan menganalisis masalah dan menganalisis prosedur sistem yang sedang berjalan, maka dapat dijadikan sebagai dasar perancangan dan perbaikan pada sistem yang baru agar dapat menjadi sebuah sistem yang lebih efektif dan efisien.Proses analisa sistem ini akan diawali dengan tinjauan organisasi, dekomposisi fungsi, analisa masukan, analisa keluaran, flow map sistem berjalan, diagram alir data dan diagram overview.

3.1. TINJAUAN ORGANISASI


3.1.1. Sejarah AMIK Wahana mandiri


Pendirian Akademik Manajemen Informatika dan Komputer ( AMIK ) Wahana Mandiri atau disingkat dengan nama AMIK Wahana Mandiri, tidak terlepas dari keberadaan Yayasan Boedihardjo Sastrohadiwirjo atau disingkat dengan nama Yayasan Boe Sas. Yayasan Boe Sas adalah suatu badan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan. Didalam bidang pendidikan, para pendiri yayasan yang didasari oleh kesadaran ingin berperan aktif menunjang program pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa. Sebagai sisi dari mata uang yang tak terpisahkan.Yayasan BoeSas didirikan di Jakarta pada tanggal 18 September 1987 dihadapan notaris Sri Rahayu, No. 40. Yayasan ini juga telah terdaftar pada kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 319/1987, pada tanggal 10 Desember 1987.
Cikal bakal didirikannya kampus ini di awali dengan didirikannya sebuah Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) yang bernama LPK Informatics Wahana Mandiri, pada tahun 1997. setelah LPK ini berjalan kira-kira 3 tahun, maka tercetuslah prakarsa pendirian sebuah Akademi, sebagai suatu keinginan untuk meningkatkan kemampuan kelembagaan LPK Informatics Wahana Mandiri.Pelaksanaan dari prakarsa tersebut adalah dibentuknya Organisasi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Wahana Mandiri, berikut para personelnya. Organisasi ini bersama-sama dengan para pelaksanaan dari Yayasan BoeSas, yang akan menyelenggarakan pendirian akademi, selanjutnya disebut dengan penyelenggaraan AMIK Wahana Mandiri

3.1.2. Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Menyusun laporan evaluasi perkembangan mahasiswa setiap awal dan akhir semester;
  2. Membantu Ka. Prodi menyusun laporan evaluasi semesteran;
  3. Menyerahkan setiap nilai rekapitulasi yang sudah ditandatangani direktur kepada PUDIR I;
  4. Mengelola sistem dan strategi proses penerimaan mahasiswa;
  5. Mengelola kegiatan penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan wisuda;
  6. Bertanggung jawab dengan penuh kejujuran pada nilai mahasiswa (transkip nilai, daftar nilai, KHS);
  7. Mengumpulkan GBPP dan SAP dari dosen persemester dan menyerahkannya kepada PUDIR I untuk divalidasi;
  8. Membuat pengumuman berkenaan dengan pelaksanaan perkuliahan (Perubahan, kuliah tambahan, ketidakhadiran);
  9. Melayani mahasiswa dan membuat surat keterangan kuliah, surat lulus sementara dan surat cuti;
  10. Melayani mahasiswa untuk administrasi PKL dan TA;
  11. Melayani mahasiswa pindahan, cuti, dan melanjutkan perkuliahan;
  12. Mempersiapkan data untuk pembuatan KTM(Kartu Rencana Mahasiswa) dan NIM;
  13. Merekap absensi dosen dan mahasiswa perbulan;
  14. Membuat dan mencetak absen dosen dan mahasiswa;
  15. Mengabsen dosen pagi, malam, pagi/malam(shift), dan infal atau tambahan;
  16. Membantu Ka. Prodi untuk mencetak jadwal perkuliahan teori dan praktek, pengumuman nilai akademik dan kalender akademik;
  17. Melayani keperluan dosen mengajar, seperti : spidol, isi tinta, absen dosen, absen mahasiswa teori dan praktek, penghapus, ketersediaan OHP & LCD Projector, dll;
  18. Mengelola administrasi registrasi mahasiswa;
  19. Mengelola administrasi legislasi akademik dan evaluasi akademik;
  20. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dengan akademik;
  21. Mengkoordinasikan pelaksanaan wisuda;
  22. Berperan aktif dalam pelaksanaan rencana strategis Amik Wahana Mandiri;
  23. Menyelenggarakan UTS, UAS, ujian Semester Pendek, Ujian Sidang Pra Tugas Akhir/KKP/Tugas Akhir maupun Ujian Saring Masuk;
  24. Mengkoordinasi pembuatan ijazah;
  25. Mengkoordinasikan pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa);
  26. Mengkoordinasikan arsip seluruh data mahasiswa;
  27. Menyerahkan setiap nilai Kartu Hasil studi (KHS) dan transkrip nilai yang sudah ditandatangani Direktur dan PUDIR I;
  28. Menghadiri rapat dan pertemuan yang secara periodik diselenggarakan pimpinan langsung baik secara terpisa maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
  29. Mengimplementasikan sistem manajemen mutu di biro akademik dan kemahasiswaan;
  30. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran biro akademik dan kemahasiswaan berbasis kinerja;
  31. Menghadiri rapat dan pertemuan secara periodic diselenggarakan oleh pimpinan langsung bak secara terpisah maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
  32. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;
  33. Membuat laporan bulanan dan tahunan

3.1.3 .Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI AMIK WAHANA MANDIRI PERIODE 2009 – 2013


(table n

3.2 Analisa Sistem Yang Berjalan


Sistem pelaksanaan ujian,seperti pengambilan kartu ujian dan pengisian KRS Amik Wahana Mandiri masih mengunakan sistem yang manual,yang menyebabkan dalam sistem tersebut sangat bergantung kepada kehadiran petugas pelaksanaan ujian. Adapun gambaram sistem yang berjalan dapat dilihat dari Activity diagram dibawah ini :

3.2.1.Use Case


Use case diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantara komponen-komponen tersebut yang memperkenalkan suatu sistem yang akan dibangun. Use case diagram menjelaskan manfaat suatu sistem jika dilihat menurut pandangan orang yang berada di luar sistem. Diagram ini menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar. Berikut adalah model use case diagram pada sistem pelaksanaan ujian pada AMIK Wahana Mandiri

Use case isi KRS

Use case jadwal kuliah dan jadwal ujian




3.2.2. Activity Diagram


Activity diagram memodelkan alur kerja sebuah proses bisnis dan urutan aktivitas dalam suatu proses. Sedangkan Skenario use case berfungsi untuk mengetahui alur cerita dari activity diagram tersebut agar lebih mudah dimengerti.Berdasarkan use case diagram yang sedang berjalan pada AMIK Wahana Mandiri diatas, maka dapat digambarkan activity diagram dan skenario use casenya
sebagai berikut :
4.1.3.1
Krs mahasiswa








Krs admin


3.3. Permasalahan Yang Terjadi


Pemasalahan adalah suatu pertanyaan yang harus dipecahkan atau dicari solusi agar tujuan akan tercapai secara maksimal. Banyaknya permaslahan yang muncul menunjukan bahwa system yang berjalan saat ini belum efektif dan efisien.Di dalam pelaksanaan ujian,seperti pengisian KRS,jadwal kuliah dan pengambilan kartu ujian Amik Wahana Mandiri masih mengunakan sistem yang manual,yang menyebabkan dalam sistem tersebut sangat bergantung kepada kehadiran petugas pelaksanaan ujian.

3.4. Analisa Kebutuhan Sistem


3.5. User Requirment


Elisitasi Tahap 1

Functional
Analisa Kebutuhan
Saya ingin sistem dapat:
1.
Menampilkan Form Login
2.
Menampikan Form Halaman Utama
4.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna
5.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Mahasiswa
6.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah,cari dan Daftar Data mahasiswa
7.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data dosen
8.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data matkuliah
9.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data KRS
10.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jadwal Kuliah
11
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jadwal Ujian
11.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jurusan
12.
Menampilkan Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data kelas
13.
Menampilkan laporan data mahasiswa
14
Menampilkan Laporan Data Dosen
15
Menampilkan Laporan Data krs yang sudah di isi
16
Menampilkan Laporan Data jadwal
17
Menampilkan cetak krs
18
Menampilkan cetak jadwal kuliah
19
Menampilkan cetak jadwal ujian
20
Menampilkan Menu Logout atau keluar

Elisitasi Tahap II

Functional
Analisa Kebutuhan
Saya Ingin Sistem dapat:

M
D
I
1.
Menampilkan Halaman Utama


2.
Menampilkan Form Login


3.
Menampilkan Informasi nama user


4.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna


5.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa


6.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Dosen


7.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah


8.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data krs


9.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal matakuliah


10.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal ujian


11.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jurusan


12.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data kelas


13.
Menampilkan Laporan Data mahasiswa


14.
Menampilkan Laporan Data Dosen


15.
Menampilkan Laporan Data krs yang sudah di isi


16.
Menampilkan Laporan Data jadwal


17.
Menampilkan cetak krs


18.
Menampilkan cetak jadwal kuliah


19.
Menampilkan cetak jadwal ujian


20.
Menampilkan Menu Logout atau keluar


Non Functional
Saya ingin sistem dapat :
1.
Melakukan proses pembacaan record tidak terlalu lama ketika user mencari suatu record yang dibutuhkan



2.
Administrator berhak mengakses seluruh data sedangkan user hanya bias membuka bagian yang diperlukan



3.
Tampilan mudah dipahami oleh user dan menarik




Elisitasi III

Functional
Analisa Kebutuhan
Saya Ingin Sistem dapat:

M
D
I
1.
Menampilkan Halaman Utama


2.
Menampilkan Form Login


3.
Menampilkan Informasi nama user


4.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna


5.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa


6.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Dosen


7.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah


8.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data krs


9.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal matakuliah


10.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal ujian


11.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jurusan


12.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data kelas


13.
Menampilkan Laporan Data mahasiswa


14.
Menampilkan Laporan Data Dosen


15.
Menampilkan Laporan Data krs yang sudah di isi


16.
Menampilkan Laporan Data jadwal


17.
Menampilkan cetak krs


18.
Menampilkan cetak jadwal kuliah


19.
Menampilkan cetak jadwal ujian


20.
Menampilkan Menu Logout atau keluar





Feasibility



Risk
L
M
H
L
M
H
L
M
H
1.
Menampilkan Halaman Utama






2.
Menampilkan Form Login






3.
Menampilkan Informasi nama user






4.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna






5.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa






6.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data Dosen






7.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah






8.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data krs






9.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal matakuliah






10.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jadwal ujian






11.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data jurusan






12.
Menampilkan Input, Hapus dan Daftar Data kelas






13.
Menampilkan Laporan Data mahasiswa






14.
Menampilkan Laporan Data Dosen






15.
Menampilkan Laporan Data krs yang sudah di isi






16.
Menampilkan Laporan Data jadwal






17.
Menampilkan cetak krs






18.
Menampilkan cetak jadwal kuliah






19.
Menampilkan cetak jadwal ujian






20.
Menampilkan Menu Logout atau keluar







0 komentar:

Posting Komentar