Analisis
sistem merupakan tahap yang bertujuan untuk memahami sistem,
mengetahui kekurangan sistem, dan menentukan kebutuhan sistem
pelaksanaan ujian pada AMIK Wahana Mandiri. Dengan menganalisis
masalah dan menganalisis prosedur sistem yang sedang berjalan, maka
dapat dijadikan sebagai dasar perancangan dan perbaikan pada sistem
yang baru agar dapat menjadi sebuah sistem yang lebih efektif dan
efisien.Proses
analisa sistem ini akan diawali dengan tinjauan organisasi,
dekomposisi fungsi, analisa masukan, analisa keluaran, flow map
sistem berjalan, diagram alir data dan diagram overview.
3.1. TINJAUAN ORGANISASI
3.1.1. Sejarah AMIK Wahana mandiri
Pendirian
Akademik Manajemen Informatika dan Komputer ( AMIK ) Wahana Mandiri
atau disingkat dengan nama AMIK Wahana Mandiri, tidak terlepas dari
keberadaan Yayasan Boedihardjo Sastrohadiwirjo atau disingkat dengan
nama Yayasan Boe Sas. Yayasan Boe Sas adalah suatu badan yang
bergerak dibidang sosial dan pendidikan. Didalam bidang pendidikan,
para pendiri yayasan yang didasari oleh kesadaran ingin berperan
aktif menunjang program pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa.
Sebagai sisi dari mata uang yang tak terpisahkan.Yayasan
BoeSas didirikan di Jakarta pada tanggal 18 September 1987 dihadapan
notaris Sri Rahayu, No. 40. Yayasan ini juga telah terdaftar pada
kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 319/1987, pada tanggal 10
Desember 1987.
Cikal
bakal didirikannya kampus ini di awali dengan
didirikannya
sebuah Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) yang bernama LPK Informatics
Wahana Mandiri, pada tahun 1997. setelah LPK ini berjalan kira-kira 3
tahun, maka tercetuslah prakarsa pendirian sebuah Akademi, sebagai
suatu keinginan untuk meningkatkan kemampuan kelembagaan LPK
Informatics Wahana Mandiri.Pelaksanaan dari prakarsa tersebut adalah
dibentuknya Organisasi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer
(AMIK) Wahana Mandiri, berikut para personelnya. Organisasi ini
bersama-sama dengan para pelaksanaan dari Yayasan BoeSas, yang akan
menyelenggarakan pendirian akademi, selanjutnya disebut dengan
penyelenggaraan AMIK Wahana Mandiri
3.1.2. Wewenang dan Tanggung Jawab
- Menyusun laporan evaluasi perkembangan mahasiswa setiap awal dan akhir semester;
- Membantu Ka. Prodi menyusun laporan evaluasi semesteran;
- Menyerahkan setiap nilai rekapitulasi yang sudah ditandatangani direktur kepada PUDIR I;
- Mengelola sistem dan strategi proses penerimaan mahasiswa;
- Mengelola kegiatan penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan wisuda;
- Bertanggung jawab dengan penuh kejujuran pada nilai mahasiswa (transkip nilai, daftar nilai, KHS);
- Mengumpulkan GBPP dan SAP dari dosen persemester dan menyerahkannya kepada PUDIR I untuk divalidasi;
- Membuat pengumuman berkenaan dengan pelaksanaan perkuliahan (Perubahan, kuliah tambahan, ketidakhadiran);
- Melayani mahasiswa dan membuat surat keterangan kuliah, surat lulus sementara dan surat cuti;
- Melayani mahasiswa untuk administrasi PKL dan TA;
- Melayani mahasiswa pindahan, cuti, dan melanjutkan perkuliahan;
- Mempersiapkan data untuk pembuatan KTM(Kartu Rencana Mahasiswa) dan NIM;
- Merekap absensi dosen dan mahasiswa perbulan;
- Membuat dan mencetak absen dosen dan mahasiswa;
- Mengabsen dosen pagi, malam, pagi/malam(shift), dan infal atau tambahan;
- Membantu Ka. Prodi untuk mencetak jadwal perkuliahan teori dan praktek, pengumuman nilai akademik dan kalender akademik;
- Melayani keperluan dosen mengajar, seperti : spidol, isi tinta, absen dosen, absen mahasiswa teori dan praktek, penghapus, ketersediaan OHP & LCD Projector, dll;
- Mengelola administrasi registrasi mahasiswa;
- Mengelola administrasi legislasi akademik dan evaluasi akademik;
- Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dengan akademik;
- Mengkoordinasikan pelaksanaan wisuda;
- Berperan aktif dalam pelaksanaan rencana strategis Amik Wahana Mandiri;
- Menyelenggarakan UTS, UAS, ujian Semester Pendek, Ujian Sidang Pra Tugas Akhir/KKP/Tugas Akhir maupun Ujian Saring Masuk;
- Mengkoordinasi pembuatan ijazah;
- Mengkoordinasikan pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa);
- Mengkoordinasikan arsip seluruh data mahasiswa;
- Menyerahkan setiap nilai Kartu Hasil studi (KHS) dan transkrip nilai yang sudah ditandatangani Direktur dan PUDIR I;
- Menghadiri rapat dan pertemuan yang secara periodik diselenggarakan pimpinan langsung baik secara terpisa maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
- Mengimplementasikan sistem manajemen mutu di biro akademik dan kemahasiswaan;
- Menyusun rencana kegiatan dan anggaran biro akademik dan kemahasiswaan berbasis kinerja;
- Menghadiri rapat dan pertemuan secara periodic diselenggarakan oleh pimpinan langsung bak secara terpisah maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;
- Membuat laporan bulanan dan tahunan
3.1.3 .Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI AMIK WAHANA MANDIRI PERIODE 2009 – 2013
(table
n
3.2 Analisa Sistem Yang Berjalan
Sistem
pelaksanaan ujian,seperti pengambilan kartu ujian dan pengisian KRS
Amik Wahana Mandiri masih mengunakan sistem yang manual,yang
menyebabkan dalam sistem tersebut sangat bergantung kepada kehadiran
petugas pelaksanaan ujian. Adapun gambaram sistem yang berjalan dapat
dilihat dari Activity diagram dibawah ini :
3.2.1.Use Case
Use
case diagram
adalah gambaran graphical
dari
beberapa atau semua actor,
use case,
dan interaksi diantara komponen-komponen tersebut yang memperkenalkan
suatu sistem yang akan dibangun. Use
case diagram
menjelaskan manfaat suatu sistem jika dilihat menurut pandangan orang
yang berada di luar sistem. Diagram ini menunjukkan fungsionalitas
suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi
dengan dunia luar. Berikut adalah model use
case diagram
pada sistem pelaksanaan ujian pada AMIK Wahana Mandiri
Use
case isi KRS
Use
case jadwal kuliah dan jadwal ujian
3.2.2. Activity Diagram
Activity
diagram
memodelkan alur kerja sebuah proses bisnis dan urutan aktivitas dalam
suatu proses. Sedangkan Skenario use
case berfungsi
untuk mengetahui alur cerita dari activity
diagram
tersebut agar lebih mudah dimengerti.Berdasarkan use
case diagram
yang sedang berjalan pada AMIK Wahana Mandiri diatas, maka dapat
digambarkan activity
diagram
dan skenario use
casenya
sebagai
berikut :
4.1.3.1
Krs
mahasiswa
Krs
admin
3.3. Permasalahan Yang Terjadi
Pemasalahan
adalah suatu pertanyaan yang harus dipecahkan atau dicari solusi agar
tujuan akan tercapai secara maksimal. Banyaknya permaslahan yang
muncul menunjukan bahwa system yang berjalan saat ini belum efektif
dan efisien.Di
dalam pelaksanaan ujian,seperti pengisian KRS,jadwal
kuliah dan pengambilan kartu ujian
Amik Wahana Mandiri masih mengunakan sistem yang manual,yang
menyebabkan dalam sistem tersebut sangat bergantung kepada kehadiran
petugas pelaksanaan ujian.
3.4. Analisa Kebutuhan Sistem
3.5. User Requirment
Elisitasi
Tahap 1
Functional
Analisa
Kebutuhan
Saya
ingin sistem dapat:
1.
Menampilkan
Form Login
2.
Menampikan
Form Halaman Utama
4.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna
5.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Mahasiswa
6.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah,cari dan Daftar Data mahasiswa
7.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data dosen
8.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data matkuliah
9.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data KRS
10.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jadwal Kuliah
11
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jadwal Ujian
11.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data Jurusan
12.
Menampilkan
Input, Hapus, Ubah dan Daftar Data kelas
13.
Menampilkan
laporan data mahasiswa
14
Menampilkan
Laporan Data
Dosen
15
Menampilkan
Laporan Data
krs yang sudah di isi
16
Menampilkan
Laporan Data
jadwal
17
Menampilkan
cetak
krs
18
Menampilkan
cetak
jadwal kuliah
19
Menampilkan
cetak jadwal ujian
20
Menampilkan
Menu
Logout atau keluar
Elisitasi
Tahap II
Functional
Analisa
Kebutuhan
Saya
Ingin Sistem dapat:
M
D
I
1.
Menampilkan
Halaman Utama
2.
Menampilkan
Form
Login
3.
Menampilkan
Informasi
nama user
4.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna
5.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa
6.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Dosen
7.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah
8.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data krs
9.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
matakuliah
10.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
ujian
11.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jurusan
12.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data kelas
13.
Menampilkan
Laporan Data
mahasiswa
14.
Menampilkan
Laporan Data
Dosen
15.
Menampilkan
Laporan Data
krs yang sudah di isi
16.
Menampilkan
Laporan Data
jadwal
17.
Menampilkan
cetak
krs
18.
Menampilkan
cetak
jadwal kuliah
19.
Menampilkan
cetak jadwal ujian
20.
Menampilkan
Menu
Logout atau keluar
Non
Functional
Saya
ingin sistem dapat :
1.
Melakukan
proses pembacaan record tidak terlalu lama ketika user mencari
suatu record yang dibutuhkan
2.
Administrator
berhak mengakses seluruh data sedangkan user hanya bias membuka
bagian yang diperlukan
3.
Tampilan
mudah dipahami oleh user dan menarik
Elisitasi
III
Functional
Analisa
Kebutuhan
Saya
Ingin Sistem dapat:
M
D
I
1.
Menampilkan
Halaman Utama
2.
Menampilkan
Form
Login
3.
Menampilkan
Informasi
nama user
4.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna
5.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa
6.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Dosen
7.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah
8.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data krs
9.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
matakuliah
10.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
ujian
11.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jurusan
12.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data kelas
13.
Menampilkan
Laporan Data
mahasiswa
14.
Menampilkan
Laporan Data
Dosen
15.
Menampilkan
Laporan Data
krs yang sudah di isi
16.
Menampilkan
Laporan Data
jadwal
17.
Menampilkan
cetak
krs
18.
Menampilkan
cetak
jadwal kuliah
19.
Menampilkan
cetak jadwal ujian
20.
Menampilkan
Menu
Logout atau keluar
Feasibility
Risk
L
M
H
L
M
H
L
M
H
1.
Menampilkan
Halaman Utama
2.
Menampilkan
Form
Login
3.
Menampilkan
Informasi
nama user
4.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Pengguna
5.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data mahasiswa
6.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data Dosen
7.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data matakukiah
8.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data krs
9.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
matakuliah
10.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jadwal
ujian
11.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data jurusan
12.
Menampilkan
Input, Hapus dan Daftar Data kelas
13.
Menampilkan
Laporan Data
mahasiswa
14.
Menampilkan
Laporan Data
Dosen
15.
Menampilkan
Laporan Data
krs yang sudah di isi
16.
Menampilkan
Laporan Data
jadwal
17.
Menampilkan
cetak
krs
18.
Menampilkan
cetak
jadwal kuliah
19.
Menampilkan
cetak jadwal ujian
20.
Menampilkan
Menu
Logout atau keluar
0 komentar:
Posting Komentar