Setelah
tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka
analis
sistem telah
Mendapatkan
gambaran
dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya
Perancangan
Sistem Informasi sekarang bagi analis sistem untuk memikirkan
bagaimana
membentuk sistemtersebut.Perancangan
Sistem adalah salah satu tahap dari Metodologi pengembangan sistem,
dan merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam
itu.Tahap ini dilakukan oleh sistem designer yang melakukan interaksi
dengan pengguna sistem, hasil desain dievaluasi oleh user dari sudut
pandang kepentingan pemakai untuk kemudian diimplementasikan kembali
oleh sistem designer.
Didalam
tahap ini menggambarkan perancangan sistem dengan menggunakan
UML.Diagram UML yang akan kita gunakan dalam laporan ini antara lain:
diagram
use case, activity diagram, dan sequence diagram.
Masing-masing penjelasannya akan dijabarkan pada bagian selanjutnya
pada laporan ini
4.3.Use Case Sistem Informasi pelaksanaan Ujian Pada AMIK Wahana Mandiri
Use
case diagram ini
menjelaskan secara umum apa yang akan dilakukan oleh sistem yang akan
dirancang, dan siapa saja yang akan berinteraksi dengan sistem
tersebut. Use
case diagram ini
juga digunakan untuk menetapkan perilaku (behavior)
sistem saat sistem tersebut diimplementasikan.
Pada
use
case diagram gambar
3.1 dapat dilihat bahwa sistem informasi Pelaksanaan Ujian memiliki
dua aktor, yaitu Administrator, User(mahasiswa). Seorang
Administrator memiliki kewenangan penuh terhadap sistem, dan
merupakan inheritance
dari
aktor User, artinya fitur-fitur dari aktor User dimiliki juga oleh
aktor Administrator.Use
case-use case yang
ada selalu didahului dengan proses login,
hal ini digambarkan dengan hubungan dependency
antara
use
case-use case tersebut
dengan use
case login yang
memiliki stereotype
include. Pada
use
case diagram,
setiap aktor memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
- Administrator
- Input data : Input data mahasiswa.dosen,matakuliah,jurusan,jadwal kuliah,jadwal ujian.
- Edit data : Melakukan Penggantian maupun penambahan data mahasiswa,dosen,matakuliah.
- Edit jadwal ujian : Melakukan Penggantian maupun penambahan mengubah data jadwal matakuliah dan kadwal ujian yang nantinya dapat dilihat mahasiswa.
- Hapus KRS : Malakukan Penghapusan data KRS yang sudah masuk.
- Mahasiswa
- Isi Krs : Mahasiswa melakukan pengisian KRS(Kartu Rencana Studi).
- Cetak KRS : Mahasiswa mencetak KRS yang telah diisi
- Lihat jadwal Ujian: Mahasiswa melihat jadwal ujian
- Cetak Kartu Ujian : Mahaswiswa mencetak jadwal ujian atau kartu ujian sesuai dengan nim yang di masukan.
4.3.1. Login
4.3.1.1 Spesifikasi Login
- Nama Use Case : Login
- Administrator : Administator, Mahasiswa
- Deskripsi Singkat :Use-case ini memungkinkan aktor untuk mengidentifikasikan dirinya untuk dapat masuk ke sistem dengan tingkat kewenangannya.
- Basic flow :
1.
Para aktor mengakses halam utama dari sistem
2.
Aktor Administror dan mahasiswa memasukan nama
user
dan Password untuk
keperluan
login.
3.
Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan Pada table user, dan
mahasiswa di
server.
4.
Sistem Mengakses halaman utama dari user yang bersangkutan
- Alternative Flow : Bila data yang dimasukan masing-masing aktor
Tidak
valid maka sistem akan mengirimkan pesan
error
dan mengembalikan ke halaman login untuk
meminta
aktor melakukan login kembali(kembali ke langkah ke-2.
- Special Recruitment : Aktor tersebut harus terdaftar sebagai user
ataupun
mahasiswa.
- Pre-condition : Aktor belum Login ke sistem.
- Post Condition : Aktor Masuk kedalam halaman utamanya.
4.3.1.2 Activity Diagram Login
4.3.1.3. Sequence Diagram Login
4.3.2. Use case Data mahasiswa
Use
case Data
mahasiswa mengalami pengembangan use
case, yaitu
menambah, meng-update
dan
menghapus data mahasiswa.
4.3.2.1. Spesifikasi Use Case Menambah Data mahasiswa
- Nama use case : Menambah Data mahasiswa
- Aktor : Administrator
- Deskripsi singkat :
Use-case
ini
memungkinkan aktor untuk menambahkan data-data mahasiswa
- Basic Flow:
1.
Aktor mengakses halaman utama sistem informasi dan memilih menu
master data.
2.
Sistem menampilkan sub menu Data.
3.
Aktor memilih sub menu Tambah Data mahasiswa.
4.
Sistem menampilkan Form Tambah Data.
5.
Aktor mengisi data-data yang diperlukan ke dalam Form Tambah Data
mahasiswa dan men-submitnya.
6.
Sistem melakukan pengecekan terhadap data nim mahasiswa yang
dimasukkan pada tabel user
di
database
server.
7.
Sistem menambahkan data-data tersebut ke dalam database
server.
8.
Sistem menampilkan pesan bahwa proses penambahan data telah berhasil
dilakukan.
- Alternative Flow:
1.
Bila ada data-data yang diperlukan belum terisi dengan lengkap, maka
sistem mengirimkan pesan error,
dan
meminta aktor untuk memperbaiki kembali isian. Kembali ke Basic
flow, langkah
5.
2.
Bila data nim sudah ada di database
server, proses
penambahan gagal dilakukan, dan sistem akan memunculkan pesan error.
Kembali
ke Basic
flow, langkah
5.
4.3.2.2. Activity Diagram Menambah Data mahasiswa
4.3.2.3. Sequence Diagram Menambah Data
4.3.2.Use Case Edit Data
Use
case ini dilaksanakan oleh Administrator, use case ini melakukan
perubahan data seperti menghapus, memperbaharui data
mahasiswa,dosen,matakuliah di bawah ini akan menjelaskan tentang
spesifikasi diagram sequence dan diagram activity mengenai use case
ini.
4.3.2.1.Spesifikasi Use Case Edit Data
- Nama Use Case : Edit Data
- Administrator : Administator
- Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Administaor Melakukan perubahan, mencetak maupun menghapus data .
- Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data
2.
Administrator akan memilih data yang akan di edit, kemudian tekan
tombol edit.
3.
Sistem akan memindahkan ke halaman edit.
4.
Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data Pada table data.
5.
Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap
dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila ada data yang
salah.
- Alternative Flow : Bila data yang dimasukan oleh administrator
Tidak
valid maka sistem akan mengirimkan pesan kesalahan dan mengembalikan
ke halaman data.
- Special Recruitment : Administrator harus memasukkan data yang benar.
- Pre-condition : Data Belum Diperbaharui.
- Post Condition : Data Sudah Diperbaharui.
4.3.2.2. Activity Diagram Edit data
4.3.2.3. Sequence Diagram mengedit data
4.3.3. Use case hapus Data
4.3.3.1. Spesifikasi Use Case Hapus Data
- Nama use case : Hapus Data
- Aktor : Administrator
- Deskripsi singkat : Use-case ini memungkinkan aktor untuk menghapus data kepala keluarga.
- Basic Flow:
1.
Aktor mengakses halaman utama sistem informasi dan memilih menu
Data
2.
Sistem menampilkan sub menu Data
3.
Aktor memilih sub menu Hapus Data
4.
Sistem menampilkan Form Hapus Data.
5.
Aktor mengisi ID yang ingin dihapus ke dalam Form Hapus Data dan
men-submitnya.
6.
Sistem melakukan pengecekan terhadap ID yang dimasukkan dengan tabel
user
di
database
server.
7.
Aktor menghapus data .
8.
Sistem melakukan konfirmasi terhadap proses penghapusan.
9.
Sistem menghapus data tersebut dari database
server.
10.
Sistem menampilkan pesan proses penghapusan data berhasil.
- Alternative Flow:
1.
Bila ID tidak ditemukan: Sistem akan memunculkan pesan bahwa tidak
ditemukan, kembali ke Basic
flow, langkah
5.
2.
Bila data ID belum diisi di form hapus data , maka sistem
mengirimkan pesan error,
dan
meminta aktor untuk memperbaiki kembali isian. Kembali ke Basic
flow, langkah
5.
- Spesial Requirment: Tidak Ada.
- Pre-condition : Data belum dihapus
- Post condition : Data berhasil dihapus dari database server
4.3.3.2. Activity Diagram Hapus data
4.3.3.3.
Sequence Diagram Hapus Data
4.3.4.Use Case Lihat Data
4.3.4.1.Spesifikasi Use Case Lihat data
- Nama Use Case : Lihat data
- Administrator : Mahasiswa, Administrator
- Deskripsi Singkat : Pada Use case in administrator akan melihat
data.
- Basic flow : 1. Aktor masuk halaman Informasi.
2.
Aktor akan memilih informasi apa yang akan
dilihat.
3.
Sistem melakukan pemeriksaan data di server.
4.
Sistem mengeluarkan Informasi yang diminta.
- Alternative Flow : Tidak ada.
- Special Recruitment : Tidak ada.
- Pre-condition :datai ditampilkan.
- Post Condition :data Belum ditampilkan.
4.3.4.2. Activity Diagram Lihat Data
4.3.4.3. Sequence Diagram Lihat Data
4.3.5.Use Case Cetak
4.3.5.1.Spesifikasi Use Case Cetak KRS
- Nama Use Case : Cetak
- Administrator : Administator
- Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Administaor Mencetak data
laporan.
- Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data
2.
Administrator akan memilih data mana yang akan Dicetak.
3.
Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data Pada data
4.
Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap
dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila terjadi
kesalahan.
- Alternative Flow : Tidak Ada.
- Special Recruitment : Tidak Ada.
- Pre-condition : Data Belum di cetak.
4.3.5.2.
Activity Diagram Cetak
4.3.5. Used case Isi KRS
4.3.5.1.Spesifikasi Use Case Isi KRS
- Nama Use Case : Isi krs
- Administrator : Mahasiswa, Administrator
- Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Mahasiswa mengisi
KRS.
- Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data masuk
KRS.
2.
Administrator akan memilih data mana yang akan Dicetak.
3.
Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data
Pada
table isi_krs.
4.
Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap
dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila terjadi
kesalahan.
- Alternative Flow : Tidak Ada.
- Special Recruitment : Tidak Ada.
- Pre-condition : Data isi_krs Belum Diperbaharui.
- Post Condition : Data isi_krs Sudah Diperbaharui.
- Post Condition : Cetak Laporan.
4.3.5.2.
Activity Diagram Isi KRS
4.3.5.2. Sequence Diagram Isi KRS
4.3.1. Class Diagram

LOGIN
User
Name
:
Level
:
Password
:
Gambar
Tampilan Form Login
Gambar
tampilan login
Implementasi
merupakan tahap pengubahan hasil perancangan yang telah dibuat
menjadi sistem aplikasi sesungguhnya yang nantinya akan digunakan
oleh user
untuk
melakukan pengolahan data dan penyajian informasi. Sistem informasi
untu
k pelaksanaan ujian ini diimplementasikan pada AMIK Wahana Mandiri dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung yang memiliki spesifikasi seperti yang akan dijelaskan pada subbab berikut ini.
k pelaksanaan ujian ini diimplementasikan pada AMIK Wahana Mandiri dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung yang memiliki spesifikasi seperti yang akan dijelaskan pada subbab berikut ini.
4.5.1.tampilan awal
4.5.1. Implementasi Use Case Login
Halaman
ini yang terdapat pada sistem informasi penerimaan mahasiswa baru
dan pengisian KRS adalah index.php, dimana terdapat Form Login dimana
proses login ini yang akan mem-validasi data user dan password
yang akan menuju ke halaman Home Administrator.

0 komentar:
Posting Komentar