Kamis, 09 Agustus 2012

BAB IV R ANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN



Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah Mendapatkan gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya Perancangan Sistem Informasi sekarang bagi analis sistem untuk memikirkan bagaimana membentuk sistemtersebut.Perancangan Sistem adalah salah satu tahap dari Metodologi pengembangan sistem, dan merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam itu.Tahap ini dilakukan oleh sistem designer yang melakukan interaksi dengan pengguna sistem, hasil desain dievaluasi oleh user dari sudut pandang kepentingan pemakai untuk kemudian diimplementasikan kembali oleh sistem designer.
    1. Usulan Prosedur yang Baru


    1. Metodologi Pemodelan

Didalam tahap ini menggambarkan perancangan sistem dengan menggunakan UML.Diagram UML yang akan kita gunakan dalam laporan ini antara lain: diagram use case, activity diagram, dan sequence diagram. Masing-masing penjelasannya akan dijabarkan pada bagian selanjutnya pada laporan ini

4.3.Use Case Sistem Informasi pelaksanaan Ujian Pada AMIK Wahana Mandiri


Use case diagram ini menjelaskan secara umum apa yang akan dilakukan oleh sistem yang akan dirancang, dan siapa saja yang akan berinteraksi dengan sistem tersebut. Use case diagram ini juga digunakan untuk menetapkan perilaku (behavior) sistem saat sistem tersebut diimplementasikan.

Pada use case diagram gambar 3.1 dapat dilihat bahwa sistem informasi Pelaksanaan Ujian memiliki dua aktor, yaitu Administrator, User(mahasiswa). Seorang Administrator memiliki kewenangan penuh terhadap sistem, dan merupakan inheritance dari aktor User, artinya fitur-fitur dari aktor User dimiliki juga oleh aktor Administrator.Use case-use case yang ada selalu didahului dengan proses login, hal ini digambarkan dengan hubungan dependency antara use case-use case tersebut dengan use case login yang memiliki stereotype include. Pada use case diagram, setiap aktor memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  1. Administrator
  • Input data : Input data mahasiswa.dosen,matakuliah,jurusan,jadwal kuliah,jadwal ujian.
  • Edit data : Melakukan Penggantian maupun penambahan data mahasiswa,dosen,matakuliah.
  • Edit jadwal ujian : Melakukan Penggantian maupun penambahan mengubah data jadwal matakuliah dan kadwal ujian yang nantinya dapat dilihat mahasiswa.
  • Hapus KRS : Malakukan Penghapusan data KRS yang sudah masuk.
  1. Mahasiswa
  • Isi Krs : Mahasiswa melakukan pengisian KRS(Kartu Rencana Studi).
  • Cetak KRS : Mahasiswa mencetak KRS yang telah diisi
  • Lihat jadwal Ujian: Mahasiswa melihat jadwal ujian
  • Cetak Kartu Ujian : Mahaswiswa mencetak jadwal ujian atau kartu ujian sesuai dengan nim yang di masukan.

4.3.1. Login


4.3.1.1 Spesifikasi Login
  • Nama Use Case : Login
  • Administrator : Administator, Mahasiswa
  • Deskripsi Singkat :Use-case ini memungkinkan aktor untuk mengidentifikasikan dirinya untuk dapat masuk ke sistem dengan tingkat kewenangannya.
  • Basic flow :
1. Para aktor mengakses halam utama dari sistem
2. Aktor Administror dan mahasiswa memasukan nama user dan Password untuk keperluan login.
3. Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan Pada table user, dan mahasiswa di server.
4. Sistem Mengakses halaman utama dari user yang bersangkutan
  • Alternative Flow : Bila data yang dimasukan masing-masing aktor
Tidak valid maka sistem akan mengirimkan pesan
error dan mengembalikan ke halaman login untuk meminta aktor melakukan login kembali(kembali ke langkah ke-2.
  • Special Recruitment : Aktor tersebut harus terdaftar sebagai user
ataupun mahasiswa.
  • Pre-condition : Aktor belum Login ke sistem.
  • Post Condition : Aktor Masuk kedalam halaman utamanya.
4.3.1.2 Activity Diagram Login

4.3.1.3. Sequence Diagram Login

4.3.2. Use case Data mahasiswa

Use case Data mahasiswa mengalami pengembangan use case, yaitu menambah, meng-update dan menghapus data mahasiswa.
4.3.2.1. Spesifikasi Use Case Menambah Data mahasiswa
  • Nama use case : Menambah Data mahasiswa
  • Aktor : Administrator
  • Deskripsi singkat :

Use-case ini memungkinkan aktor untuk menambahkan data-data mahasiswa
  • Basic Flow:
1. Aktor mengakses halaman utama sistem informasi dan memilih menu master data.
2. Sistem menampilkan sub menu Data.
3. Aktor memilih sub menu Tambah Data mahasiswa.
4. Sistem menampilkan Form Tambah Data.
5. Aktor mengisi data-data yang diperlukan ke dalam Form Tambah Data mahasiswa dan men-submitnya.
6. Sistem melakukan pengecekan terhadap data nim mahasiswa yang dimasukkan pada tabel user di database server.
7. Sistem menambahkan data-data tersebut ke dalam database server.
8. Sistem menampilkan pesan bahwa proses penambahan data telah berhasil dilakukan.
  • Alternative Flow:
1. Bila ada data-data yang diperlukan belum terisi dengan lengkap, maka sistem mengirimkan pesan error, dan meminta aktor untuk memperbaiki kembali isian. Kembali ke Basic flow, langkah 5.
2. Bila data nim sudah ada di database server, proses penambahan gagal dilakukan, dan sistem akan memunculkan pesan error. Kembali ke Basic flow, langkah 5.


4.3.2.2. Activity Diagram Menambah Data mahasiswa


4.3.2.3. Sequence Diagram Menambah Data



4.3.2.Use Case Edit Data

Use case ini dilaksanakan oleh Administrator, use case ini melakukan perubahan data seperti menghapus, memperbaharui data mahasiswa,dosen,matakuliah di bawah ini akan menjelaskan tentang spesifikasi diagram sequence dan diagram activity mengenai use case ini.
4.3.2.1.Spesifikasi Use Case Edit Data
  • Nama Use Case : Edit Data
  • Administrator : Administator
  • Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Administaor Melakukan perubahan, mencetak maupun menghapus data .
  • Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data
2. Administrator akan memilih data yang akan di edit, kemudian tekan tombol edit.
3. Sistem akan memindahkan ke halaman edit.
4. Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data Pada table data.
5. Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila ada data yang salah.
  • Alternative Flow : Bila data yang dimasukan oleh administrator
Tidak valid maka sistem akan mengirimkan pesan kesalahan dan mengembalikan ke halaman data.
  • Special Recruitment : Administrator harus memasukkan data yang benar.
  • Pre-condition : Data Belum Diperbaharui.
  • Post Condition : Data Sudah Diperbaharui.
4.3.2.2. Activity Diagram Edit data


4.3.2.3. Sequence Diagram mengedit data


4.3.3. Use case hapus Data

4.3.3.1. Spesifikasi Use Case Hapus Data

  • Nama use case : Hapus Data
  • Aktor : Administrator
  • Deskripsi singkat : Use-case ini memungkinkan aktor untuk menghapus data kepala keluarga.
  • Basic Flow:
1. Aktor mengakses halaman utama sistem informasi dan memilih menu Data
2. Sistem menampilkan sub menu Data
3. Aktor memilih sub menu Hapus Data
4. Sistem menampilkan Form Hapus Data.
5. Aktor mengisi ID yang ingin dihapus ke dalam Form Hapus Data dan men-submitnya.
6. Sistem melakukan pengecekan terhadap ID yang dimasukkan dengan tabel user di database server.
7. Aktor menghapus data .
8. Sistem melakukan konfirmasi terhadap proses penghapusan.
9. Sistem menghapus data tersebut dari database server.
10. Sistem menampilkan pesan proses penghapusan data berhasil.
  • Alternative Flow:
1. Bila ID tidak ditemukan: Sistem akan memunculkan pesan bahwa tidak ditemukan, kembali ke Basic flow, langkah 5.
2. Bila data ID belum diisi di form hapus data , maka sistem mengirimkan pesan error, dan meminta aktor untuk memperbaiki kembali isian. Kembali ke Basic flow, langkah 5.
  • Spesial Requirment: Tidak Ada.
  • Pre-condition : Data belum dihapus
  • Post condition : Data berhasil dihapus dari database server
4.3.3.2. Activity Diagram Hapus data

4.3.3.3. Sequence Diagram Hapus Data

4.3.4.Use Case Lihat Data

4.3.4.1.Spesifikasi Use Case Lihat data
  • Nama Use Case : Lihat data
  • Administrator : Mahasiswa, Administrator
  • Deskripsi Singkat : Pada Use case in administrator akan melihat
data.
  • Basic flow : 1. Aktor masuk halaman Informasi.
2. Aktor akan memilih informasi apa yang akan
dilihat.
3. Sistem melakukan pemeriksaan data di server.
4. Sistem mengeluarkan Informasi yang diminta.
  • Alternative Flow : Tidak ada.
  • Special Recruitment : Tidak ada.
  • Pre-condition :datai ditampilkan.
  • Post Condition :data Belum ditampilkan.

4.3.4.2. Activity Diagram Lihat Data

4.3.4.3. Sequence Diagram Lihat Data

4.3.5.Use Case Cetak

4.3.5.1.Spesifikasi Use Case Cetak KRS

  • Nama Use Case : Cetak
  • Administrator : Administator
  • Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Administaor Mencetak data
laporan.
  • Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data
2. Administrator akan memilih data mana yang akan Dicetak.
3. Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data Pada data
4. Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila terjadi kesalahan.
  • Alternative Flow : Tidak Ada.
  • Special Recruitment : Tidak Ada.
  • Pre-condition : Data Belum di cetak.
4.3.5.2. Activity Diagram Cetak


4.3.5. Used case Isi KRS

4.3.5.1.Spesifikasi Use Case Isi KRS

  • Nama Use Case : Isi krs
  • Administrator : Mahasiswa, Administrator
  • Deskripsi Singkat : Pada Use case ini Mahasiswa mengisi
KRS.
  • Basic flow : 1. Administrator masuk halaman data masuk
KRS.
2. Administrator akan memilih data mana yang akan Dicetak.
3. Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan data
Pada table isi_krs.
4. Sistem mengeluarkan pesan berhasil apabila data yang diolah lengkap dan benar, dan mengeluarkan pesan kesalahan apabila terjadi kesalahan.
  • Alternative Flow : Tidak Ada.
  • Special Recruitment : Tidak Ada.
  • Pre-condition : Data isi_krs Belum Diperbaharui.
  • Post Condition : Data isi_krs Sudah Diperbaharui.

  • Post Condition : Cetak Laporan.
4.3.5.2. Activity Diagram Isi KRS

4.3.5.2. Sequence Diagram Isi KRS



    1. Rancangan Basis Data

4.3.1. Class Diagram



    1. Rancangan Prototype/Tampilan


LOGIN


User Name
:

Level
:

Password
:




Gambar Tampilan Form Login








Gambar tampilan  login

    Implementasi merupakan tahap pengubahan hasil perancangan yang telah dibuat menjadi sistem aplikasi sesungguhnya yang nantinya akan digunakan oleh user untuk melakukan pengolahan data dan penyajian informasi. Sistem informasi untu
      1. Implementasi Sistem yang diusulkan

    k pelaksanaan ujian ini diimplementasikan pada AMIK Wahana Mandiri dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung yang memiliki spesifikasi seperti yang akan dijelaskan pada subbab berikut ini.



    4.5.1.tampilan awal


    4.5.1. Implementasi Use Case Login


    Halaman ini yang terdapat pada sistem informasi penerimaan mahasiswa baru dan pengisian KRS adalah index.php, dimana terdapat Form Login dimana proses login ini yang akan mem-validasi data user dan password yang akan menuju ke halaman Home Administrator.


    0 komentar:

    Posting Komentar