Senin, 13 Agustus 2012

Use Case Sistem Informasi pelaksanaan Ujian Pada AMIK Wahana Mandiri



Use case diagram ini menjelaskan secara umum apa yang akan dilakukan oleh sistem yang akan dirancang, dan siapa saja yang akan berinteraksi dengan sistem tersebut. Use case diagram ini juga digunakan untuk menetapkan perilaku (behavior) sistem saat sistem tersebut diimplementasikan.
Pada use case diagram gambar 3.1 dapat dilihat bahwa sistem informasi Pelaksanaan Ujian memiliki dua aktor, yaitu Administrator, User(mahasiswa). Seorang Administrator memiliki kewenangan penuh terhadap sistem, dan merupakan inheritance dari aktor User, artinya fitur-fitur dari aktor User dimiliki juga oleh aktor Administrator.Use case-use case yang ada selalu didahului dengan proses login, hal ini digambarkan dengan hubungan dependency antara use case-use case tersebut dengan use case login yang memiliki stereotype include. Pada use case diagram, setiap aktor memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

1.      Administrator
·         Input data : Input data mahasiswa.dosen,matakuliah,jurusan,jadwal kuliah,jadwal ujian.
·         Edit data : Melakukan Penggantian maupun penambahan data mahasiswa,dosen,matakuliah.
·         Edit jadwal ujian : Melakukan Penggantian maupun penambahan mengubah data jadwal matakuliah dan kadwal ujian yang nantinya dapat dilihat mahasiswa.
·         Hapus KRS : Malakukan Penghapusan data KRS yang sudah masuk.
2.      Mahasiswa
·         Isi Krs : Mahasiswa melakukan pengisian KRS(Kartu Rencana Studi).
·         Cetak KRS : Mahasiswa mencetak KRS yang telah diisi
·         Lihat jadwal Ujian: Mahasiswa melihat jadwal ujian
·          Cetak Kartu Ujian : Mahaswiswa mencetak jadwal ujian atau kartu ujian sesuai dengan nim yang di masukan.

4.3.1. Login


4.3.1.1 Spesifikasi Login
           ·          Nama Use Case                       : Login
           ·          Administrator               : Administator, Mahasiswa
           ·          Deskripsi Singkat         :Use-case ini memungkinkan aktor untuk mengidentifikasikan dirinya untuk dapat masuk ke sistem dengan tingkat kewenangannya.
           ·          Basic flow                   :
1. Para aktor mengakses halam utama dari sistem
2.  Aktor Administror dan mahasiswa memasukan nama  user dan Password untuk     keperluan login.
3. Sistem melakukan pemeriksaan Kevalidan  Pada table user, dan mahasiswa di    server.
  4. Sistem Mengakses halaman utama dari user yang    bersangkutan
·         Alternative Flow    : Bila data yang dimasukan masing-masing aktor
                                    Tidak valid maka sistem akan mengirimkan pesan
error dan mengembalikan ke halaman login untuk meminta aktor melakukan login kembali(kembali ke  langkah ke-2.
·         Special Recruitment : Aktor tersebut harus terdaftar sebagai user
        ataupun  mahasiswa.
·         Pre-condition            : Aktor belum Login ke sistem.
·         Post Condition          : Aktor Masuk kedalam halaman utamanya.

1 komentar:

Nanang Hendriana mengatakan...

yang use case loginnya gambarnya gak ada?

Posting Komentar